Selasa, 23 September 2008

Otak Kita


OTAK – BRAIN

Bagaimana kita mengingat jalan ke rumah teman kita? Mengapa mata kita berkedip tanpa kita menyadarinya? Darimana mimpi itu berasal? Otak kitalah yang bertanggung jawab atas pertanyyan-pertanyaan semacam itu.

Jadi, otak adalah bos di dalam tubuh kita. Otak menggerakkan segala hal dan mengontrol apa pun yang kita lakukan bahkan di saat kita sedang tidur.

Otak kita memiliki banyak bagian berbeda yang saling bekerja sama. Di sini kita kan membicarakan 5 bagian saja yang merupakan pemain kunci dalam tim otak.

1.Bagian terbesar : Cerebrum
Bagian otak yang paling besar dinamakan Cerebrum yang beratnya merupakan 85% dari berat otak secara keseluruhan. Cerebrum merupakan bagian “pemikir” dari otak dan dia mengintrol otot-otot “kehendak” kita yaitu otot-otot yang akan bergerak bila kita bermaksud menggerakkannya. Dengan kata lain, kita bisa menari dan menendang bola dengan bantuan Cerebrum ini.

Saat kita berpikir keras sebenarnya kita sedang menggunakan cerebrum. Kita membutuhkannya utnuk menyelesaikan soal matematika, memainkan video game, atau menggambar suatu benda. Ingatan kita sebenarnya mengendap di cerebrum – baik ingatan jangka pendek, seperti misalnya apa yang kita makan tadi siang, atau ingatan jangka panjang, misalnya nama tempat dimana kita bertemu pacar kita dua tahun yang lalu.

Cerebrum memiliki dua sisi yang masing-masing mengisi sisi kepala kita. Beberapa ilmuan yakin bahwa separuh otak sebelah kanan membantu kita berpikir tentang hal-hal abstrak seperti musik, warna, dan bentuk. Sedangkan separuh otak sebelah kiri bersifat lebih analitis yang membantu kita dalam hal matematis, logika dan pidato. Para ilmuan juga meyakini bahwa separuh sisi kanan cerebrum mengontrol sisi kiri tubuh kita. Begitu pula sebaliknya.

2.Pengatur Keseimbangan : Cerebellum
Selanjutnya adalah cerebellum. Cerebellum terletak pada bagian belakang otak tepat di bawah cerebrum. Cerebellum sangat lebih kecil dibandingkan cerebrum atau sekitar 1/8-nya. Namun cerebellum juga merupakan bagian penting otak kita. Dia mengontrol keseimbangan, gerakan, dan koordinasi (bagaimana otot-otot kita saling bekerja sama). Karena adanya cerebellum ini kita bisa berdiri tegak, menjaga keseimbangan dan berputar-putar.

3.Pengatur nafas dan banyak lagi : Brain Stemp
Bagian lain otak yang wujudnya kecil namun canggih adalah brain stem. Dia terletak di bawah cerebrum dan di depan cerebellum. Dia menghubungkan semua bagian otak dengan spinal cord yang memanjang dari bawah leher kita hingga ke punggung kita. Brain stem bertanggung jawab atas semua fungsi tubuh agar tetap hidup, seperti menghirup udara, memakan makanan, dan peredaran darah.

Salah satu bagian kerja barain stem adalah mengontrol otot-otot tak sadar kita yang senantiasa bekerja otomatis tanpa kita sadari. Pada otot-otot tak sadar yang ada di jantung dan perut brain stem lah yang memerintahkan untuk memompa lebih banyak darah saat kita bersepeda. Brain stem juga menyortir miliaran pesan yang masuk ke otak dan mengirim balik ke seluruh bagian tubuh. Rasanya seperti pekerjaan besar seorang sekretaris.

4.Pengontrol Pertumbuhan : Brain Pituitary Glands
Pituitary Gland sangatlah kecil, hanya seukuran kue pie!. Tugasnya adalah menghasilkan dan melepaskan hormon ke tubuh kita. Bila baju kita yang tahun lalu sekarang terasa kecil, ini karena brain pituitary gland melepaskan hormon tertentu yang membuat kita tumbuh. Pituitary ini juga memainkan peran besar dalam proses pubertas. Suatu proses dimana tubuh anak laki-laki dan anak perempuan mengalami perubahan yang perlahan-lahan menjadikan mereka sebagai laik-laki dan perempuan dewasa.

Pituitary gland juga berperan dalam hormon-hormon yang lain. Pituitary mengontrol kadar gula dan air dalam tubuh kita dan membantu berjalannya sistim metabolisme kita. Metabolisme adalah sesuatu yang masuk dan keluar dari dan ke tubuh kita agar kita tetap hidup dan tumbuh.

5.Pengontrol Temperatur : Hypoyhalamus
Hypolthalamus mirip dengan termometer kecil dalam tubuh kita. Hypothalamus tahu bahwa tubuh kita harus tetap terjaga pada suhu 98.6° fahreinhet atau 37° Celcius. Bila tubuh terlalu panas maka hypothalamus akan memerintahkan tubuh kita untuk berkeringat. Bila tubuh terlalu dingin maka dia kan memeritahkan kita untuk mengosok-gosok tangan. Keduanya adalah usaha agar suhu kembali normal bagi tubuh kita.



Beberapa fakta tentang otak kita

Otak kita menggunakan 20% dari seluruh energi dalam tubuh kita meskipun berat otak kita hanya 2% dari berat tubuh kita.

Ada sekitar 750 ml darah yang dipompa ke otak setiap menitnya.

75% kandungan dalam otak manusia adalah air.

Otak kita mampu menghasilkan listrik sebesar 25 watt pada saat kita terjaga –cukup untuk menyalakan sebuah bola lampu.

Otak bayi akan tumbuh besar 3 kali lipat pada tahun pertama.

Manusia memiliki otak yang lebih kompleks dibanding hewan apapun di bumi.

Otak kita terbagi menjadi dua sisi. Sisi kanan otak mengendalikan bagian tubuh sebelah kiri sedangkan sisi kiri otak mengendalikan bagian kanan tubuh kita.

Informasi yang masuk masuk ke otak akan disampaikan dalam kecepatan dan bentuk yang berbeda beda oleh neuron. Transmisi paling lambat terjadi sebesar 0.5 meter per detik dan yang paling cepat sebesar 120 meter per detik atau hampir 268 mil per jam.

Otak kita mengandung sekitar 100 triuliun neuron atau sekitar 166 kali jumlah penduduk planet bumi ini.

Segala apa yang kita pikirkan akan dilakukan otak baik secara elektrik amupun kimiawi.

Racun dalam segala bentuknya seperti halnya serbuk karpet dapat menpengaruhihilangnya memori pada otak kita.

Pengarug aluminium yang berlebih dalam aluminium foil, alat-alat dapur, deodoran, pasta gigi dan lain-lain dapat mempengaruhi fungsi otak kita.

Tidak ada komentar: