Rabu, 24 September 2008

Sistim Kerangka Tubuh - Skeleton System

Kerangka adalah sebutan untuk sekumpulan tulang yang menyangga tubuh kita agar tetap tegak. Kerangka sangat penting bagi kta karena tiga hal utama yaitu:
1.Kerangka melindungi organ-organ vital tubuh kita seperti otak, jantung dan paru-paru
2.Kerangka memberi bentuk pada tubuh kita seperti sekarang ini. Tanpa kerangka kita hanya sekedar seonggok daging dan darah di lantai.
3.Kerangka akan memungkinkan kita bergerak. Karena otot kita melekat pada tulang, maka saat otot kita bergerak, akan menggerakkan tulang kita dan akhirnya kita pun bergerak.
Saat kita lahir, kerangka kita terdiri atas 350 tulang dan akan berkurang menjadi sekitar 206 tulang saat kita tumbuh dewasa karena ada beberapa tulang yangbergabung menjadi satu tulang.

Wikipedia menyimpulkan bahwa ada 6 fungsi utama kerangka pada tubuh kita yaitu:

Support
Kerangka menyediakan framework yang menyangga tubuh dan memelihara bentuk tubuh seperti saat ini. Sendi diantara tulang akan memungkinkan tulang bergerak. Beberapa diantaranya malah memungkinkan gerakan dengan jangkauan luas.

Movement
Gerakan dalam vertebrata dikendalikan oleh otot-otot rangka yang melekat pada tulang. Tanpa adanya kerangka yang memberikan pengungkitan, gerakan manusia akan sangat terbatas. Walaupun secara biologis, kerangka bukanlah hal yang memungkinkan gerakan.

Protection
Kerangka akan melindungi organ-organ vital.

Blood Cell Production
Kerangka adalah tempat bagi haematopoiesis yang menghasilkan sumsum tulang.

Storage
Matriks tulang dapat menyimpan kalsiumdan berpengarug terhadap metabolisme kalsium sementara sumsum tulang dapat menyimpan besi dan berpengaruh pada sistim metabolisme besi (iron).

Endocrine regulation
Sel-sel tulang akan melepaskan hormon yang disebut osteocalcin yang mengontrol kandungan kadar gula darah (glukosa) dan depositan lemak Osteocalcin ini berfungsi meningkatkan sekresi dan sensitifitas insulin yang berguna dalam memproduksi sel insulin dan mereduksi lemak.

Fakta menarik tentang tulang

1.Tulang terkecil pada tubuh kita terdapat di telinga
2.Tulang terpanjang dalam tubuh kita adalah tulang paha
3.tulang terdiri dari substansi yang disebut sumsum tulang. Dalam sumsum inilah sel darah merah dan putih diproduksi dan dialirkan ke seluruh aliran tubuh.
4.Lebih dari separuh tulang tubuh kita terdapat di tangan dan kaki.
5.Satu-satunya tulang tak bersendi di tubuh kita adalah tulang di tenggorokan kita.

Menurut Elana Pearl Ben-Joseph seperti dimuat dalam kidshealth.org ada beberapa cara dalam memelihara tulang kita yaitu:

Lindungi tulang tengkorakmu (dan otak di dalamnya!) dengan menggunakan helm saat berkendara dan berolah raga. Saat kita ber-skateboard, bersepatu-roda, pastikan kita menggunakan pelindung siku dan lutut.

Bila kita berolah raga seperti sepak bola atau hoki selalu gunakan peralatan pelindung yang memadai. Jangan biarkan anak-anak kita bermain trampolin. Banyak anak yang pada akhirnya mengalami patah tulang saat jatuh dari trampolin. Patuh tulang memang masih dapat disembuhkan namun membutuhkan waktu lama dan menyiksa bagi anak-anak.
Perkuat kerangka tulangmu dengan minum susu dan mengkonsumsi makanan produk peternakan (seperti keju rendah lemah atau yogurt beku). Produk-produk itu mengandung kalsium yang membantu pertumbuhan dan kekuatan tulang.
Aktiflah! Jalan lain untuk memperkuat tulang kita adalah dengan beraktifitas seperti berlari, melompat, menari dan berolah-raga.

Tidak ada komentar: