Kamis, 25 September 2008

Otot - Muscles

Tahukah kita bahwa kita memiliki 600 otot dalam tubuh kita? Otot-otot ini membantu kita hampir dalam segala hal – mulai memompa darah ke seluruh bagian tubuh hingga membantu kita mengangkat benda yang berat. Kita bisa mengendalikan beberapa otot kita namun beberapa otot bekerja tanpa kita berniat mengendalikannya. Seperti otot-otot jantung kita, mereka bekerja tanpa sedikitpun kita pernah mengendalikan atau memikirkannya.

Semua otot kita terbuat dari material yang sama, sejenis material elastis (pendek seperti material dalam gelang karet). Ribuan bahkan puluhan ribu serat kecil akan membentuk sebuah otot. Kita memiliki tiga jenis otot yang berlainan dalam tubuh kita yaitu: otot lunak, otot cardiac dan otot skeletal.

Otot Lunak (Smooth Muscles)
Otot lunak kerapkali disebut juga otot tak sadar (involuntary muscles) yang biasanya berbentuk lembaran yang saling terangkai satu sama lain. Tentu saja kita tidak dapat mengendalikan otot jenis ini. Otak dan tubuh kita memberikan perintah pada otot-otot ini bahnkan tanpa kita menyadarinya sedikitpun. Kita tak bisa menggunakan otot lunak ini untuk memberi perintah pada otot kaki kita untuk melompat.

Namun otot lunak ini bekerja pada semua bagian tubuh kita. Dalam perut dan sistim pencernaan kita, otot-otot lunak ini mengeras (kontraksi) dan mengendor (relaksi) bergantian sehingga memungkinkan makanan melakukan perjalanannya ke seluruh tubuh. Saat kita sakit, otot-oto ini mengambil peranan penting yang membuat kita merasa mau muntah. Otot-otot ini akan menekan balik makanan keluar dari dalam perut menuju ke esophagus dan akhirnya keluar dari mulut.

Otot ini juga bisa ditemukan dalam rahim wanita pada saat akan melahirkan. Otot-otot ini membantu menekan bayi keluar dari dalm tubuh ibunya tepat pada saat waktu melahirkan. Otot-otot ini juga ditemukan di balik mata yang memungkinkan mata kita tetap fokus.

Otot Jantung (Hearty Muscle)
otot yang membentuk jantung ini disebut otot cardiac. Otot ini juga sering dikenal sebagai myocardium. Otot-otot tebal pada jantung berkontraksi untuk memompa darah keluar dan kemudian berelaksasi untuk membiarkan darah mengalir kembali ke jantung setelah selesai mengedari semua bagian tubuh.

Seperti halnya otot lunak, otot-otot cardiac ini bekerja tanpa kita pernah menyadarinya. Kelompok otot spesial yang berada di dalam jantung ini dikenal sebagai penyelamat (peacemaker) jantung karena mereka inilah yang mengendalikan serangan jantung.

Otot Kerangka (Skeletal Muscle)
Kini kita akan membicarakan jenis otot yang senantiasa kita bayangkan saat kita menyebut kata otot—sesuatu yang menunjukkan betapa kuat kita dan memungkinkan kita menendang keras bola ke arah gawang. Dan ini adalahotot-otot kerangka (sketal muscle) yang kadangkala disebut striated muscle karena adanya serat otot yang gelap dan terang membuat mereka sepeti strip (arsiran).

Otot-otot skeletal ini merupakan oto-oto sadar dimana kita dapat mengendalikan/memerintahkannya untuk melakukan sesuatu. Kaki kita tidak akan pernah menendang bola ke arah gawang apabila kita tidak menginginkannya. Otot-otot ini membantu membentuk muscoloskeletal yaitu kombinasi kerja antara otot dan kerangka atau tulang.

Bersama-sama otot skeletal dan tulang memberikan kekuatan dan tenaga pada tubuh kita. Pada banyak kasus, otot skeletal ini melekat pada salah satu ujung tulang. Otot-otot ini menekan seluruh bagian sendi dan lantas melekat lagi pada ujung tulang yang lain.

Otot-otot skeletal melekat pada tulang dengan bantuan tendon. Tendon adalah semacam cord yang terbuat dari material kuat dan bekerja sebagai penghubung khusus antara tulang dan otot. Tendon ini juga melekat dengan bagus sehingga saat kita menggerakkan salah satu otot kita, tendon dan tulang akan bergerak bersama pula.

Otot skeletal ini muncul dalam banyak bentuk dan ukuran yang berbeda yang membuat mereka mampu melakukan banyak pekerjaan. Otot-otot ini yang melakukan pekerjaan paling besar dan paling berat adalah otot-oto di punggung dekat pinggang kita yang memungkinkan kita berdiri tegak.

Otot-otot ini juga memberikan tenaga pada saat kita mendorong atau menarik sesuatu. Otot-otot di dekat leher dan bagian atas punggung kita tidak begitu besar namun mampu melakukan sesuatu yang sangat mengagumkan: menahan beban saat kepala kita berputar, bergerak ke kiri kanan dan ke atas serta ke bawah. Bahkan otot-oto inilah yang mampu menahan posisi kepala agar tetap berada di atas.

Otot-otot Wajah (Face Muscles)
mungkin kita pernah berpikir bahwa wajah kita sama sekali tidak memiliki otot, namun sebenarnya wajah kita memiliki banyak otot. Kita dapat melihatnya saat kita bercermin di kaca. Otot-otot wajah tidaklah melekat langsung pada tulang seperti otot-otot lainnya. Sebaliknya, kebanyakan otot wajah melekat di bawah kulit. Ini memungkinkan kita untuk menggerak-gerakkan otot wajah dan membentuk rupa-rupa wajah kita. Bahkan gerakan otot sekecil apapun bisa membentuk wajah yang berbeda. Inilah mengapa kita menggerakkan alis atau mengembangkan cuping hidung bila merasa terkejut atau takjub.

Dan jangan lupa untuk memberiperhatian pada lidah kita. Sebenarnya lidah kita ini adalah sekumpulan otot yang bekerjasama untuk memungkinkan kita berbicara dan membantu kita mengecap makanan.

Tidak ada komentar: